Pages

Ads 468x60px

Senin, 01 Oktober 2012

Teknik Tell Me What You See

Berdasarkan pengalaman empiris di lapangan diketahui bahwa kemampuan berbicara siswa dalam proses pembelajaran masih rendah. Hal ini diketahui pada saat siswa menyampaikan pesan/informasi yang bersumber dari media dengan bahasa yang runtut. baik, dan benar. Isi pembicaraan yang disampaikan oleh siswa tersebut kurang jelas. Siswa berbicara tersendat-sendat sehingga isi pembicaraan menjadi tidak jelas. Ada pula diantara siswa yang tidak mau berbicara di depan kelas. Selain itu, pada saat guru bertanya kepada seluruh siswa, umumnya siswa lama sekali untuk menjawab pertanyaan guru. Beberapa siswa ada yang tidak mau menjawab pertanyaan guru karena takut jawabannya salah. Apalagi untuk berbicara di depan kelas para siswa belum menunjukkan keberanian.
Berdasarkan hal di atas perlu dicari alternatif lain sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini mengingat pentingnya pengajaran berbicara siswa sebagai salah satu meningkatkan kemampuan berbahasa lisan di tingkat sekolah dasar. Untuk menstimulus siswa berbicara dipilih teknik pengajaran Tell Me What You See yang merupakan pengembangan dari teknik belajar visual internal.
Teknik Tell Me What You See yaitu konsep pembelajaran dengan mengoptimalkan penglihatan terhadap objek yang dilihatnya dan mengeksplorasi imajinasinya, kemudian dituangkan oleh siswa melalui kata-kata lewat keterampilan berbicara yang dimilikinya. Cara yang praktis adalah dengan menghidupkan imajinasi tentang hal yang akan dipelajari. (Ramli, 2004). Teknik ini merupakan konsep yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Teknik Tell Me What You See ini merupakan prosedur pendidikan yang bertujuan untuk membantu peserta didik memahami makna bahan pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkannya dengan konteks kehidupan mereka sendiri dalam lingkungan sosial dan budaya masyarakat.
Untuk menerapkan teknik Tell Me What You See diperlukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Guru menentukan objek yang akan diamati, misalnya lingkungan sekolah.
  2. Guru menugaskan siswa untuk mengidentifikasi bagian-bagian dari objek tersebut, misalnya lapangan, ruang kantor, ruang kelas. taman sekolah, dan sebagainya.
  3. Mendeskripsikan dan menceritakan secara lisan bagian-bagian dari objek yang telah teridentifikasi sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman siswa.
Teknik Tell Me What You See pada keterampilan berbicara ini lebih menekankan keaktifan siswa untuk menggali dan mengekspresikan imajinasi dan pikirannya terhadap objek yang dilihat. Sehingga melalui teknik ini minat siswa menjadi lebih meningkat terhadap pembelajaran berbicara dan tidak takut lagi untuk berbicara di depan umum dengan menggunakan bahasa yang baik, benar, dan efektif.
Pada hakikatnya teknik pengajaran yang baik selalu memenuhi berbagai kriteria. Kriteria itu berkaitan dengan tujuan, bahan pembinaan keterampilan proses, dan pengalaman belajar. Kriteria yang harus dipenuhi antara lain:
  1. Relevan dengan tujuan pembelajaran.
  2. Memudahkan siswa memahami materi pelajaran.
  3. Mengembangkan butir-butir keterampilan proses.
  4. Dapat mewujudkan pengalaman belajar yang telah dirancang.
  5. Merangsang siswa untuk belajar.
  6. Mengembangkan penampilan siswa.
  7. Mengembangkan kreatifitas siswa.
  8. Tidak menuntut peralatan yang rumit.
  9. Mudah dilaksanakan.
  10. Menciptakan suasana belajar-mengajar yang menyenangkan.

Syarat yang harus dipenuhi oleh guru dalam mengajarkan keterampilan berbicara ialah penguasaan materi tentang keterampilan berbicara, serta mampu mengajarkannya kepada siswa. Cara pengajaran keterampilan berbicara atau teknik pengajaran berbicara adalah hal yang penting bagi seorang guru. Di samping menguasai materi pelajaran, guru juga harus kaya dengan pengalaman yang beraneka ragam. Guru harus mahir tentang seluk-beluk berbicara dan kaya pengalaman dengan teknik pengajaran berbicara. Guru yang mengetahui aneka teknik pengajaran berbicara dan mampu mempraktikkannya sangat membantu dalam mengajarkan keterampilan berbicara kepada siswa.
Keuntungan penggunaan teknik pengajaran yang tepat pada keterampilan berbicara adalah sebagai berikut:
  1. Guru dapat membuat pengajaran lebih bervariasi dan menarik. Pengajaran yang menarik dan bervariasi, lebih menumbuhkembangkan minat belajar siswa. Dengan minat yang besar diharapkan proses pembelajaran berlangsung efektif dan efisien. Pembelajaran yang baik tentulah menghasilkan prestasi belajar yang tinggi pula.
  2. Dengan teknik pengajaran berbicara yang tepat, bermacam masalah seperti jumlah siswa yang terlalu banyak, perbedaan kemampuan individu di dalam kelas, materi yang kurang menarik, dan lingkungan belajar yang kurang memadai dapat dipecahkan.
  3. Dengan berbekal teknik pengajaran yang kaya dan bervariasi, seorang guru berbicara akan lebih merasa percaya diri sehingga lebih mampu serta meyakinkan dalam mengajarkan keterampilan berbicara.
  4. Dengan memilih teknik pengajaran berbicara yang tepat seorang guru dapat menggalakan CBSA.
  5. Dengan menggunakan teknik pengajaran berbicara yang tepat, guru dapat menyampaikan materi pengajaran lebih cepat.
  6. Penggunaan teknik pengajaran yang tepat dapat menghidupkan suasana belajar mengajar di dalam kelas.
  7. Penggunaan teknik pengajaran yang tepat menyebabkan siswa senang belajar dan guru senang mengajar.
  8. Pemilihan dan penggunaan teknik berbicara yang tepat mengharapkan pengajaran berbicara berhasil dengan baik.
  9. Pemilihan dan penggunaan teknik pengajaran yang tepat, mampu memancing pemusatan pikiran siswa kepada pelajaran.
Dari perincian tersebut di atas penggunaan teknik Tell Me What You See dianggap dapat memenuhi kriteria penggunaan teknik keterampilan berbicara yang tepat dan dengan menggunakan teknik Tell Me What You See keuntungan-keuntungan yang telah dirinci di atas dapat dipenuhi, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak monoton.
Namun hal yang perlu digarisbawahi oleh guru dalam menentukan teknik pembelajaran hendaknya harus disesuaikan pula dengan penggunaan media pembelajaran. Seefektif apapun teknik pembelajaran yang dipilih tanpa diimbangi dengan pemilihan media yang sesuai maka hasil belajar yang diinginkan tidak akan tercapai.
Dari perincian di atas penggunaan teknik Tell Me What You See dianggap dapat memenuhi kriteria penggunaan teknik keterampilan berbicara yang tepat. Dan dengan menggunakan teknik ini keuntungan-keuntungan yang telah dirinci di atas dapat dipenuhi. Sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan bagi siswa.

1 komentar:

  1. boleh kah mau tanya tentang daftar pustaka dari ramli 2004,

    BalasHapus

 

Silahkan Kunjungi Di sini

Sample Text

Sample Text